Benarkah Bulan Punya Ionosfer?

Posted by mochihotoru | Posted in , , | Posted on 3:29:00 AM

Bumi memiliki lapisan yang disebut ionosfer yang menjadi batas antara atmosfer Bumi dan ruang hampa di antariksa. Ionosfer juga merupakan tempat ketika sinar ultraviolet yang dihasilkan Matahari terpecah hingga menciptakan gas yang terionisasi.

Di Bumi, ionosfer memainkan peran penting dalam komunikasi. Misalnya, ionosfer memantulkan gelombang radio sehingga memungkinkan adanya transmisi gelombang jarak jauh. Ionosfer juga bisa berpengaruh pada pembacaan global positioning system (GPS) hingga mengakibatkan kesalahan pembacaan posisi suatu lokasi di muka bumi.

Para ilmuwan menduga bahwa bukan Bumi saja yang memiliki atmosfer. Bulan juga memilikinya. Wahana antariksa Uni Soviet, Luna 19 dan 22, menemukan adanya partikel bermuatan beberapa kilometer di atas permukaan Bulan. Jumlahnya 1.000 elektron per sentimeter kubik. Teleskop radio pun menemukan tanda-tanda ionosfer.

Meski demikian, selama bertahun-tahun, ilmuwan belum bisa meyakini bahwa yang mereka temukan adalah ionosfer. Hal ini dikarenakan Bulan adalah benda langit yang tidak punya atmosfer. Ilmuwan bertanya-tanya, bagaimana mungkin benda langit yang tidak punya atmosfer memiliki ionosfer?

Memang, proses radioaktif di interior Bulan menghasilkan gas yang bisa "merembes" keluar ke permukaannya. Namun, gas yang dihasilkan tidak bisa membentuk lapisan yang tebalnya sepermiliaran atmosfer Bumi. Ilmuwan akhirnya lebih menyebutnya eksosfer, bukan atmosfer ataupun ionosfer.

Misteri ionosfer di Bulan akhirnya terjawab berkat penelitian Tim Stubbs, ilmuwan berusia 30 tahunan yang bekerja di Goddard Space Flight Center di NASA. Menurutnya, sesuatu yang kini diyakini sebagai ionosfer Bulan sebenarnya adalah debu Bulan yang "mengapung" di permukaannya.

Seperti diuraikan dalam artikel Physorg, Selasa (15/11/2011), partikel debu Bulan yang tertumbuk oleh sinar ultraviolet bisa terionisasi. Tumbukan itu bisa menghasilkan muatan listrik cukup yang bisa terdeteksi sebagai ionosfer.

Adanya "ionosfer" yang tersusun atas gas ini merupakan hal baru dalam sains. Belum ada ilmuwan yang mengetahui karakteristik dan perilakunya pada siang ataupun malam hari. Belum ada pula yang mengetahui bagaimana medan ini membantu komunikasi di Bulan nantinya. Hasil penelitian Stubbs dipublikasikan di jurnal Planetary and Space Science yang terbit pada 13 Oktober 2011 lalu.

(Kompas.com)

Comments (8)

Hi! I could have sworn I've been to this site before but after checking through some of the post I realized it's new to me.
Anyhow, I'm definitely happy I found it and I'll be book-marking and checking
back often!

My website - recycling facts

Excellent site. A lot of useful information here. I am sending it to a few friends ans
also sharing in delicious. And of course, thank you for your sweat!


my blog; Refinishing Hardwood Floors

Your means of describing everything in this article is in fact good, every
one be able to simply be aware of it, Thanks a lot.


My web blog; Orders.eberspacher.com

Magnificent web site. Plenty of helpful information here.
I am sending it to several pals ans additionally sharing in delicious.

And obviously, thank you in your effort!

Feel free to surf to my website Diaper Rash Home remedies

Have you ever thought about writing an e-book or guest authoring
on other websites? I have a blog based on the same ideas
you discuss and would love to have you share some stories/information.

I know my audience would enjoy your work. If you're even remotely interested, feel free to send me an e-mail.

Also visit my site: dry scalp treatments

I am really inspired along with your writing abilities as neatly as with the format
on your blog. Is this a paid topic or did you modify it your self?
Either way stay up the nice quality writing, it is uncommon to look a great weblog like this one nowadays.
.

Also visit my blog: permanent hair straightening

Hello there, I do believe your site could possibly be having internet browser compatibility
issues. When I look at your site in Safari, it looks fine however, when
opening in IE, it's got some overlapping issues. I simply wanted to give you a quick heads up! Apart from that, fantastic website!

My web blog - diarrhea remedies

I do accept as true with all the ideas you have presented to your post.
They're really convincing and will certainly work. Nonetheless, the posts are very brief for novices. Could you please prolong them a bit from subsequent time? Thanks for the post.

My webpage: Generateur de Code PSN

Post a Comment