Hoax dan April Mop yang Terkait Islam

Posted by mochihotoru | Posted in , , , | Posted on 6:47:00 PM

Hoax adalah istilah lain dari berita bohong. Saat ini, semakin banyak hoax yang berkaitan dengan agama yang beredar, seperti:
- Suara Siksa Neraka Di Bawah Bumi
- Surat Dari Penjaga Masjid Nabawi
- Anak Durhaka Menjadi Ikan
- Hantu di SCTV
- Siksa Kubur
- Nabi Nuh
- Batu Israk Mikraj
- Foto Bulan Terbelah

Penulis sendiri tidak tahu persis, mengapa orang-orang mau membuat (dan menyebarkan) artikel hoax yg ‘mengandung’ ajaran agama seperti artikel-artikel di atas. Salah satu hal yg sempat penulis pikir adalah adanya perang pemikiran yg dilancarkan oleh antar agama, dalam tulisan ini: Islam. Tidak saja berasal dari orang beragama non-Islam namun juga yg ‘ber-cap’ Islam. Dan hal ini bisa dikatakan wajar karena setiap penganut agama modern, terutama agama misionaris seperti Islam dan Kristen, selalu menginginkan agar ajaran dilihat sebagai agama yang paling dekat dengan ajaran Tuhan (baca: paling benar), atau juga untuk menjaga "keimanan" saudara seimannya.

Oleh karena itu, dalam kaitan dengan umat muslim, salah satu hal yg diajarkan dalam Islam adalah TABAYYUN (cross-check) apabila menerima suatu berita. Seringkali kita dapati, orang2 dengan mudahya mem-forward sebuah artikel hoax. Jika diperhatikan, ini dilakukan karena mereka TERLALU PERCAYA dengan berita yg mereka terima--apalagi berkaitan dengan kebesaran agama mereka. Kemudian, tanpa mengecek ulang, mereka segera menyebarkan hoax ini.

Belakangan ini penulis sudah jarang menerima hoax. Namun, pada saat hoax anak durhaka muncul, lebih dari lima email per hari masuk ke inbox. Isinya sama semua: kisah anak durhaka yg berubah menjadi ikan. Disusul dengan hoax-hoax lain, yg seringkali membuat kepala pening: karena cape menghapus dan membantah isi email-email itu.

Kembali ke topik.



April Mop adalah suatu hari di mana orang ‘dilegalkan’ (’diperbolehkan’) untuk berbohong atau menipudaya orang lain. Ini merupakan tradisi dari orang2 Bule dan sedikit banyak diadopsi dan dilakukan oleh umat Islam.

Dari sekian banyak kisah April Mop, baru pada tahun 2007 ditemukan kisah April Mop yg ditujukan kepada orang Islam. April Mop ini berisi lebih kurang seperti berikut:

[English]

The Fall of Granada, Spain and 1st April - APRIL FOOL

In Spain, after centuries of Muslim rule*, the Moors were overwhelmed by the Christian Army. However, the Moors were fortified in their homes. The Christian armies wanted to get rid of the Muslims somehow. They told the Muslims that they could leave their homes safely and could take only the necessary things from their homes. They were told they could sail away in the ships anchored on the quay side. The Muslims did wonder if this ploy was a trick. The Muslims were requested to go to the quay side to check the ships. They did so and were convinced. They then made preparations to leave. The next day, 1st April, they took their essential belongings and walked towards the quay side.

The Christians looted their homes and then set fire to them. Before the Muslims got to the ships, the Christians had set fire to the ships as well. The Christians then attacked the Muslims and killed them all:

men, women and children. They then celebrated this carnage. This then became a ritual that was celebrated every year and that has been carried on until this day not only in Spain but in other countries, too. The Muslims celebrate 1st April as well as playing jokes on others on this day through sheer ignorance of the story. We should bring out the facts of the story to all in order to put a stop to the practice of celebrating this bloody and shameful episode.

[Indonesia]

Cerita Menyedihkan di Balik April Mop

Tepat tanggal 1 April, biasanya banyak diantara kita akan begitu sibuk dan bersiap siap untuk merayakannya dengan membuat rencana besar untuk MENIPU orang lain: sahabat, saudara terdekat, pacar, bahkan orang tua sendiri. Budaya tersebut begitu eratnya melekat, seakan akan pada tanggal 1 April tersebut, kita boleh berbuat DOSA.

Kepala kita penuh dengan rencana mencari mangsa-mangsa untuk dipermain-mainkan. Bahkan sewaktu sedang bekerja atau sedang makan pun kita akan mencari cara dan membuat rencana ‘penganiayaan’ ini. Yang penting kita ingin puas melihat muka mangsa-mangsa gurauan April Mop mereka merah padam karena dipermain-mainkan. Padahal baru saja mereka diberikan kado/ ucapan Kasih Sayang pada hari Santo Valentinus 14 Feb Lalu. Ini adalah sebuah Kekonyolan di samping juga bertentangan dengan Akidah dan tidak membawa manfaat sedikit pun.

Sewaktu masa sekolah dahulu, pernah terbaca tentang suatu tragedi yang terjadi pada tanggal 1 April ini. Seorang suami yang suka jahil tentang agama, telah mengucapkan, ‘Aku ceraikan kamu dengan talak tiga′ pada isterinya dengan niat untuk bercanda. Isterinya yang pada mulanya tercengan-cengang terus meraung, kemudian si suami dengan muka tanpa dosa kemudian mengucapkan ‘April MOP!’. Setelah itu, giliran si suami pula untuk meraung saat diberitahu bahwa talak yang dilafazkan tersebut telah jatuh!

Wahai umat Islam, berhati hatilah terhadap budaya ini. Hindari diri kita dari berbuat zalim apalagi April Mop bukanlah budaya Islam.

Tetapi tahukah anda berapa banyak diantara kita yang tidak mengetahui kenyataan pahit sejarah yang menimpa umat Islam Spanyol di belakang perayaan April Mop ??

Tragedi Pembantaian Umat Islam Spanyol

Albaqarah 2:120, "Orang-orang Yahudi dan Kristen tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: 'Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yg benar).' Dan sesungguh nya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu."

Sebagaimana sudah firman Allah tersebut, sepanjang masa, tidak akan pernah hilang keinginan mereka musuh-musuh Islam untuk selalu menghancurkan Islam dan memadamkan cahaya Allah. berbagai cara akan mereka lakukan, termasuk sejarah pembantaian muslim Spanyol pun 1 April berkembang menjadi perayaan April Mop.

Dahulu kala, muslim Spanyol bukan hanya beragama Islam namun memperaktikkan kehidupan secara Islam. Mereka tidak hanya membaca Alquran tapi juga bertingkah laku berdasarkan Alquran. Mereka selalu berkata tidak untuk musik, untuk bir dan juga segala hal yang diharamkan dalam Islam. Jika mereka membaca tentang hijab di Alquran, mereka memperaktikkannya tidak seperti kebanyakan kita.

Kaum kafir mencoba membersihkan Islam dari kekuasaan Spanyol, mereka selalu gagal. Telah beberapa kali dicoba tapi selalu tidak berhasil. Lalu mereka mengirim pengintai ke Spanyol untuk mempelajari Islam dan menemukan bahwa kekuatan yang dimiliki kaum Muslim adalah takwa. Begitu kaum Kristen mengetahui kekuatan umat Islam, mereka mencari strategi untuk menghancurkannya.

Mulailah dengan mengirim alkohol dan cigarette secara gratis kepada mereka. Taktik ini cukup berhasil dan melemahkan keyakinan umat Islam terutama kaum mudanya. Hasil dari usaha ini adalah jatuhnya Spanyol dari kekuasaan umat Islam dan mengakhiri penguasaan umat Islam seluruhnya terhadap Spanyol selama delapan ratus tahun.

Daerah terakhir yang jatuh kepada kekuasaan kaum Kristen adalah Granada (Ghornata) pada tanggal 1 April.

Di balik perayaan April Mop (April Fool’s Day) ini, sangat dipercayai bahwa April Mop mula mula dirayakan pada saat kejatuhan kerajaan Islam di Spanyol. Setelah sekian lama berkuasa di Granada, Spanyol, kerajaan Islam akhirnya runtuh diserang tentara-tentara Kristen. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (Moors) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara Kristen tidak puas dan berusaha untuk menghapuskan orang-orang Islam dari Spanyol.

Penduduk-penduduk Muslim ini, diberitahu bahwa mereka diperbolehkan berlayar keluar dari Spanyol dengan barang-barang keperluan mereka dengan menggunakan kapal-kapal yang berlabuh di perlabuhan.

Orang-orang muslim khawatir dan curiga atas tawaran tersebut, dikhawatirkan tawaran tersebut merupakan suatu penipuan, kemudian mereka pergi kepelabuhan untuk melihat apakah ada kapal yang dimaksud oleh tentara Kristen dan setelah dilihat keberadaan kapal kapal dipelabuhan, mereka pun membuat persiapan untuk berlayar.

Keesokan harinya (1 April), mereka mengambil semua barangan yang telah disiapkan lalu menuju ke perlabuhan. Pada saat itulah, pihak Kristen mengambil kesempatan menggeledah dan membakar rumah penduduk-penduduk Islam itu. Bahkan mereka juga tidak sempat untuk menaiki kapal karena semuanya telah musnah dibakar. Pihak Kristen kemudian menyerang kaum muslim dan membunuh semuanya; lelaki, perempuan, serta anak-anak kecil. Peristiwa berdarah yang meyedihkan ini kemudiannya dirayakan oleh tentara Kristen. Perayaan ini akhirnya dirayakan setiap tahun bukan saja di Spanyol tetapi juga di seluruh dunia sebagai April Fool’s Day.

Yang menyedihkan, orang-orang Islam yang jahil pun turut memperingati April Fool’s Day tanpa menyadari mereka sebenarnya merayakan ulang tahun pembunuhan masal saudara se-Islam mereka sendiri.

Wahai umat Islam, berhati hatilah terhadap budaya ini! Hindari diri kita dari berbuat zalim. Ingatkanlah saudara saudara kita sesama muslim.
- Ingatlah bahwa tanggal 1 April adalah hari pembantaian umat Islam Spanyol
- Dan yang penting dalam Alquran & Hadis tidak ada perintah di mana boleh menipu orang lain sebagai bahan gurauan.

Terlepas dari apapun sejarahnya gurauan/ fool tersebut, mereka, para musuh-musuh Islam yang berlindung dibalik retorika Toleransi, Demokrasi, Liberalisasi, HAM, Persamaan Gender atau senjata Bush terlaknat yang popular saat ini “War on Terrorism and Iraqi Freedom”, percayalah mereka justru sangat serius ingin memudarkan cahaya Islam.

Semoga Allah sentiasa membuka pintu tobat untuk kita. Amin.

===isi april mop===

Sejak kali pertama menerima email ini, sekitar bulan Februari 2007, penulis sendiri tidak yakin dengan isi beritanya. Ada banyak keanehan di email itu, yg saat itu (kali pertama menerima) penulis tidak bisa menjelaskan mengapa. Jadi, penulis cenderung abaikan setiap email yg berisi April Mop itu.

Namun, hingga hari ini, masih saja ada email April Mop ini yg masuk ke inbox. Terus terang, ini mengganggu sekali. Terutama jika disalahartikan oleh saudara-saudaraku sesama muslim.

Akhirnya penulis mencari referensi-referensi, baik dari pandangan sejarah agama, maupun sejarah bangsa Spanyol. Bahkan Wikipedia tidak luput dijadikan referensi (biasanya jarang penulis jadikan referensi). Hasilnya, penulis menemukan beberapa situs berikut, yg menjelaskan lebih detail, bahwa BERITA INI HANYALAH HOAX MENJELANG APRIL MOP!

- http://islamtomorrow.com/lies/fools.asp
- http://islamtomorrow.com/lies/April_lies.asp
- http://www.muftisays.com/viewarticle.php?article=aprilfools
- http://answering-islam.org/Hoaxes/aprilfool.html
- http://www.themodernreligion.com/misc/hoax/april-fool.html
- http://dragonsvamp.wordpress.com/2006/04/05/random-truth-behind-april-fools-day/
- http://etori.tripod.com/aprilfools.html

Penulis berpendapat bahwa hoax ini ‘khusus’ dibuat untuk membodohi kaum muslim sedunia, karena hoax yg disebarkan tidak saja berbahasa Indonesia, namun juga berbahasa Inggris. Sedikit berbeda dengan hoax-hoax lain (pada tautan di atas) yg lebih banyak berbahasa Indonesia (setidaknya yg masuk ke inbox).

Sementara itu, situs ini menjelaskan lebih detail mengenai kebohongan-kebohongan yg ada pada hoax tersebut.

Akhir kata, penulis hanya bisa memberikan wanti-wanti (peringatan) kepada saudara-saudaraku, terutama sesama muslim, agar lebih berhati-hati dalam menyikapi atau menanggapi suatu berita. Berikut penulis cukilkan beberapa ayat Alquran, yg menurutku, terkait dengan sikap hati-hati dalam menerima dan menyebarluaskan berita, walau berita itu dari guru agama dan orang dekat sekalipun.

Annur 24:11, “Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya hukuman yang besar.”

Alhujurat 49:6, “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.”

Pada ayat pertama, penulis hendak tekankan bahwa penyebar berita bohong (hoax) tidak saja orang-orang yg memusuhi agama (dalam masalah ini: Islam), tapi juga (sebagian) dari kalangan muslim. Sementara untuk ayat kedua, sudah jelas bahwa untuk memeriksa berita-berita yg datang, walau pari imam, ustaz, dan guru agama sekalipun. Penulis sendiri berpendapat bahwa berita yg harus diperiksa tidak saja yg datang dari kaum yg fasik/ kafir, tapi juga dari sesama muslim (lihat ayat pertama).

(referensi: tausyiah275.blogsome.com)

Comments (3)

berita hoax ini mmg sengaja dibuat oleh org" yg berkepentingan. berita" hoax sering dan cepat beredar di neg" muslim yg tujuanya utk meyakinkan masy kpd agm islam itu sendiri, bahkan org yg non pun kdg" juga ketipu dn bsa aja jadi muallaf. mereka ingin agar masy muslim tdk meninggalkan agama mrk (islam). tujunnya adl spy masy tsb hidup dlm kebodohan. krn neg yg dihuni oleh umat muslim tdk akan bisa maju! apa" dilarang. mrk tahu bhwa islam itu emg agama paling buruk. lwt berita" itulah mrk mengendalikan suatu neg dg provokasi yg ditujukan ke org" muslim. krn org" muslim itu sgt bodoh, mk provokasi sekecil apapun bsa berhasil.kekacauan disana sini pun pasti akan terjadi, anarkisme, intimidasi, pengrusakan dll.. dampaknyapun akan kemana" mulai dr pemerintah hrs menghabiskan anggaran utk ngurusin kebodohan muslim hingga ketidakpercayaan masy internasional dgn indonesia; kerjasama, pariwiasata dll...jadi intinya mereka ingin spy kita ttp yakin dg agm islam; smbr hadist & quran( yg bikin kebodohan & primitif)... shg dg begitu mrk bsa santai", krn indonesia mjd bukan ancaman (masy bodoh") dan memanfaatkan kita"... aku yakin mrk ketawa ketiwi melihat neg kayak.kita yg mayoritas ny a islam shg mudah dipermainkan. dasar AGAMA ARAB BULLSHIT!!! bikin neg ku mundur!!!! lihat aja turki yg sudah dlm proses menjauhkn diri dr islam,klo berhasil total pasti akan spt Jepang!

Untung saya gk pernah merayakan april mop... klo hari valentine itu gimana ya min?
ada sejarah nya yg berkaitan dengan muslim ato tdk...

hey orang kafir. tuhan yang kaliah sembah aja gak jelas siapa yang sebenar2nya. kalau larangan islam itu untuk kami jangan mencampuri. alkohol dilarang karna gak baik untuk kesehatan dan semuanya ada alasannya! agama kalian ada melarang mengkonsumsi alkohol? mengkonsumsi babi yang didalamnya terdapat cacing pita yang bisa hidup dalam air mendidih sekalipun? semua larangan kami ada alasannya!

Post a Comment