SELAMAT JALAN, MBAH SURIP!I LOVE YOU FULL!

Posted by mochihotoru | Posted in | Posted on 5:56:00 PM



Mbah Surip, pelantun lagu populerTak Gendong, meninggal dunia kemarin pagi di Jakarta. Pria yang khas dengan gaya rambut rasta itu disebut-sebut meninggal karena serangan jantung. Mbah Surip meninggal dunia sekitar pukul 10.30 WIB dalam perjalanan ke Rumah Sakit Pusat Pendidikan Kesehatan TNI AD (Pusdikkes), Jakarta Timur.

Sebelumnya, Mbah Surip dikabarkan jatuh pingsan pada Minggu (2/8) malam, setelah kembali dari pentas di Yogyakarta. Menurut Farid, salah seorang asistennya, Mbah Surip sakit lantaran kelelahan akibat padatnya jadwal manggung.

Mbah Surip sendiri memiliki nama lengkap Urip Ariyanto. Lahir di Mojokerto, Jawa Timur, 5 Mei 1949, merupakan penyanyi beraliran reggae yang belakangan ini sangat populer dengan lagu karyanya yang berjudul Tak Gendong.

Mbah Surip pernah mendapatkan penghargaan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori menyanyi terlama. Ia pernah ikut membintangi beberapa film dan beberapa kali pula tampil di televisi. Sebelum menjadi seniman, Mbah Surip menjalani berbagai macam profesi. Mulai pekerjaan di bidang pengeboran minyak, tambang berlian bahkan lelaki yang memiliki gelar Doktorandus, Insinyur, dan MBA ini pernah mengadu nasib di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania, dan California.

Namun karena merasa nasibnya kurang baik, Mbah Surip mencoba peruntungan dengan pergi ke Jakarta. Ia pun bergabung dengan beberapa komunitas seni seperti Teguh Karya, Aquila, Bulungan, dan Taman Ismail Marzuki. Pada suatu waktu, nasib menentukan lain. Mbah Surip mendapat kesempatan untuk rekaman dan akhirnya meraih kesuksesan seperti sekarang.

Dalam perjalanan musiknya, Mbah Surip telah mengeluarkan beberapa album musik. Album rekamannya dimulai dari tahun 1997 diantaranya, Ijo Royo-royo (1997), Indonesia I (1998), Reformasi (1998), Tak Gendong (2003) dan barang Baru (2004). Lagu Tak Gendong itu sendiri konon diciptakan pada tahun 1983 saat Mbah Surip bekerja di Amerika Serikat.

Mbah Surip yang berstatus duda itu meninggalkan empat anak dan empat cucu. Saat mendengar kabar meninggalnya Mbah Surip, ribuan penggemarnya langsung menyerbu Facebook-nya untuk menuliskan kesedihan dan rasa kehilangan mereka di dinding Facebook penyanyi nyentrik tersebut.

(sumber: www.waspada.co.id)

Comments (0)

Post a Comment