Jangan Terkecoh Mitos tentang Perawatan Rambut

Posted by mochihotoru | Posted in , , | Posted on 3:30:00 AM

Anda pikir menyikat rambut 100 sikatan setiap malam itu sehat? Apakah memotong rambut tipis-tipis secara teratur akan membuat rambut Anda tumbuh dengan cepat? Jika Anda pikir demikian, sebaiknya Anda simak yang berikut ini:

1. Mitos: Sering memotong rambut tipis-tipis akan membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat.

Nyata: “Rambut tumbuh setengah inci per bulan, apakah Anda memotongnya atau tidak,” kata John Barret, pemilik salon John Barret di New York City. Rambut boleh jadi tumbuh sedikit lebih cepat di musim panas, tetapi tidak ada hubungannya dengan gunting si pemotong rambut, melainkan dengan hormon, yang tumbuh sedikit lebih cepat di musim panas. Manfaat memotong rambut tipis-tipis adalah: Menghindari pecah ujung, sehingga membuat rambut tampak lebih indah.

2. Mitos: Stres bisa menyebabkan rambut rontok.

Nyata: Meski rambut Anda rontok setiap waktu, hingga mencapai 50 sampai 120 helai setiap hari, ada kemungkinan jumlah kerontokan akan bertambah ketika Anda mengalami stress yang parah, misalnya ketika Anda mengalami perubahan kehidupan seperti bercerai, kehilangan pekerjaan, atau melakukan bedah, kata Gerome Litt, M.D., seorang asisten profesor dermatologi di Case Western Reserve University School of Medicine di Cleveland. “Penyebab lainnya adalah kehamilan atau antibiotik. Namun, setelah beberapa minggu, hampir pasti akan tumbuh kembali.”

3. Mitos: Mengganti shampo bisa membuat rambut tampak lebih sehat.

Nyata: Tampaknya demikian, akan tetapi para ahli menepis. “Rambut tidak bisa membedakan merk shampo atau membangun toleransi terhadap produk-produk tertentu,” kata ahli rambut dan kulit kepala yang berbasis di London Philip Kingsley. “Shampo favorit Anda akan bekerja dengan cara yang sama setiap kalinya keramas, dari minggu ke minggu, dari bulan ke bulan.” Jika rambut Anda sangat berminyak atau menyukai produk shampo yang bersifat lengket dan mengandung wax, maka Anda memerlukan shampo pembersih sebanyak satu kali selama dua minggu untuk menghilangkan residu wax dari shampo tersebut.

4. Mitos: Jika Anda mencabut satu helai uban, maka dua atau tiga helai akan tumbuh dari tempat uban yang dicabut tersebut.

Nyata: Meski hal ini tidak benar, mencabut uban adalah kebiasaan yang buruk. Perbuatan itu akan merusak akar rambut, menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas luka.

5. Mitos: Anda bisa membuat rambut yang halus dan tipis tampak full of body.

Nyata: Menggulung rambut dengan gulungan hangat (hot rollers) selama lima menit akan membuat rambut lurus tampak tebal.


http://www.momenku.com/300_300_sendbinary.asp?path=D%3A%5Chshome%5Cmomenku%5Cmomenku.com%5Cim%5Cbrt%5Chair.jpg

6. Mitos: Membilas rambut dengan air dingin setelah bershampo akan rambut lebih bersinar.

Nyata: Hal itu akan menyegarkan Anda, tetapi air dingin tidak akan berpengaruh apa-apa pada kilauan rambut Anda.

7. Mitos: Mewarnai rambut akan menyebabkan kerusakan yang parah.

Nyata: Produk-produk pewarna rambut sekarang—baik yang di rumah maupun di salon—cukup bagus untuk tidak menyebabkan rambut melemah. Faktanya, beberapa pewarna rambut mengandung kondisioner ekstra yang memungkinkan rambut menjadi lebih mudah diatur dari sebelumnya. Meskipun mewarnai rambut itu tidak merusak, “tidak ada salahnya berkonsultasi dengan ahli tata rambut sebelum Anda melakukan sesuatu yang permanen untuk rambut atau kulit kepala Anda untuk yang pertama kalinya,” kata Kingsley menyarankan.

8. Mitos: Anda harus menyikat rambut Anda sebanyak 100 kali sikatan setiap hari.

Nyata: “Sikatlah rambut Anda hanya untuk berdandan, karena menyikat berarti menarik rambut dari folikelnya dan ada kemungkinan akan melemahkan helai-helai rambut secara individual,” kata Kingsley.

9. Mitos: Anda bisa menyatukan ujung rambut yang pecah dengan produk tertentu.

Nyata: Begitu ujung rambut terpisah, maka terpisahlah mereka. Satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan adalah memotongnya. Penata rambut selebriti Jimmy Paul menyarankan, untuk membuat pecah ujung rambut tidak terlalu kentara, dengan menggunakan produk yang mengandung silicon atau beeswax. Produk tersebut akan menyatukan ujung rambut secara sementara, membuat rambut lebih lunak dan lebih mudah diatur.

10. Mitos: Untuk mendapatkan rambut yang benar-benar bersih, Anda harus mengeramas, membilas, dan mengulanginya lagi.

Nyata: Satu kali pencucian yang merata sudah cukup.

Sumber: yahoo.com

Comments (0)

Post a Comment