SEPULUH CARA MENGAKSES SITUS YANG DIBLOKIR

Posted by mochihotoru | Posted in , | Posted on 5:18:00 PM

Jika kamu tidak bisa mengakses suatu situs karena dibatasi/ diblokir oleh administrator jaringan atau ISP, maka pengguna akan mengalami kesulitan di dalam mengakses situs yang di blokir tersebut. Namun, terdapat beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengakses situs-situs yang diblokir, yaitu:

1. Menggunakan alamat IP

Apabila aplikasi yang digunakan hanya memblokir nama domain saja (misal: www.google.com), ini dapat disiasati dengan menggunakan alamat IP situs tersebut misalnya untuk Google: http://209.85.171.99/). Untuk mengetahui alamat IP sebuah situs, kita dapat mencoba melakukan ping terhadap situs tersebut. Caranya masuk ke Command Prompt (Start > Run > ketik: cmd > Enter) dan ketik ping nama_situs.com lalu tekan enter. Maka akan muncul alamat IP situs tersebut.

2. Menggunakan Pembuka Situs Khusus

Beberapa situs web secara khusus akan membantumu membuka blokade yang dilakukan pihak administrator di tempat tertentu seperti kampus, kantor, atau sekolah. Contohnya adalah pembuka situs www.facebook.com yaitu http://www.unblockbook.net.

3. Menggunakan Proxy di Browser

Ada banyak sekali proxy gratis yang dapat kamu temukan di internet, beberapa situs yang bisa kamu pakai secara gratis: http://www.freshproxylist.org, http://www.samair.ru, http://www.freshproxylist.net, http://www.freshproxylist.com, http://www.proxynext.com. Setelah kamu memilih salah satu proxy dari situs-situs di atas, konfigurasi browser kamu untuk menggunakan proxy tersebut.

4. Menggunakan Layanan Short URL

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan layanan URL Shortening seperti: http://www.tinyurl.com, http://www.moourl.com, http://www.snipurl.com, http://www.shorturl.com.

5. Menggunakan Arsip Online dan Cache

Beberapa mesin pencari seperti Google dan Yahoo menyimpan tembolok berbagai situs popular yang tetap bisa melihat isi dari situs walaupun yang aslinya telah diblokir atau dihapus sekalipun. Klik tulisan ‘cached’, maka kamu akan dibawa ke halaman tembolok dari mesin pencari (apabila disimpan).

6. Menggunakan Layanan Anonymizer

Dengan menggunakan alamat anonymizer, alamat dan informasi kamu yang lain tidak akan diketahui oleh situs yang kamu kunjungi . Kebanyakan situs seperti ini adalah berbayar, namun ada beberapa yang masih tersedia gratis, seperti: http://anonymouse.org, http://dailybestlinks.com, http://www.youhide.com, http://youhide.info.

7. Menggunakan Penerjemah Online

Layanan penerjemah online yang terkenal misalnya: http://worldaltavista.com, http://translategoogle.com, http://worldlingo.com, http://windowslivetranslator.com. Cukup masukkan URL situs yang diblokir dan pilih opsi terjemahan ke dalam bahasa yang diinginkan.

8. Berlangganan RSS Feed

Trik yang satu ini mungkin tidak berlaku untuk semua situs, tetapi jika situs yang ingin kamu kunjungi menyediakan fitur sindikasi RSS, kamu bisa mencoba berlangganan tetap membacanya dengan sebuah RSS/ Feed Reader walau situs tersebut telah diblokir. Layanan RSS/ Feed Reader yang dapat kamu gunakan bisa berupa aplikasi desktop (Feed Demon, Feed Reader, dan Sharp Reader), web browser Firefox, Opera, IE, dan lain-lain, atau dengan tambahan ekstensi (InfoRSS, Sage, dan NewsFox), dan yang terakhir menggunakan aplikasi online.

9. Berlangganan Melalui Email

Layanan terbaik untuk cara yang satu ini adalah http://www.mail2web.com. Kamu bisa berlangganan situs-situs favorit dan membacanya melalui email. Kamu juga bisa berlangganan banyak situs sekaligus yang diatur dalam folder-folder sehingga tertata rapi. Setiap kali halaman situs berubah, Web2Mail akan secara otomatis mengirimkan halaman baru ke alamat emailmu. Kamu juga dapat mengatur apa saja dan kapan dikirimkan. RSSFWD yang akan secara otomatis mengubah RSS menjadi email yang dikirimkan ke akun emailmu.

10. Menggunakan Google Mobile Search

Terakhir, kamu bisa menggunakan Google Mobile Search, tetapi biasanya hasilnya tidak bisa maksimal.

(www.sammy-summer.co.cc)

Comments (0)

Post a Comment